Standar Kompetensi Fisika SMA
Hallo para Peselancar Fisika!

Terima kasih ya… Anda masih berkunjung Saya berharap, Anda memperoleh manfaat dari apa yang telah disediakan di www.fisika-sma.us. Pada beberapa postingan sebelumnya seperti Fisika, Fisika dan Sains, Fisika dan Matematika ataupun Tips Belajar Fisika. Anda diajak untuk mengenal Fisika sebagai bagian dari IPA yang jika Anda mau tekun dan sungguh-sunguh dalam belajar.. insya Allah dech mindset Anda tentang Fisika tidak sesusah yang Anda bayangkan… semoga ya ?… yang pasti sich, belajar fisika itu tidak sesusah merakit sebuah pesawat terbang !!… upss?


Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 bahwa pada tingkat SMA/MA, Pelajaran FISIKA dipandang penting untuk diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri dengan beberapa pertimbangan.
Pertama, selain memberikan bekal ilmu kepada peserta didik, mata pelajaran Fisika dimaksudkan sebagai wahana untuk menumbuhkan kemampuan berpikir yang berguna untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari.
Kedua, mata pelajaran Fisika perlu diajarkan untuk tujuan yang lebih khusus yaitu membekali peserta didik pengetahuan, pemahaman dan sejumlah kemampuan yang dipersyaratkan untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu dan teknologi. Pembelajaran Fisika dilaksanakan secara inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup.
Berikut ini adalah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Fisika SMA
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya | 1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)1.2 Melakukan penjumlahan vektor |
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik | 2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan 2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan |
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik | 3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari |
4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi | 4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah |
5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi | 5.1 Memformulasikan besaran-besaran
listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)5.2 Mengidentifikasi
penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menggunakan alat ukur listrik |
6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik | 6.1 Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar
|
1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik | 1.1 Menganalisis gerak lurus, gerak
melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor 1.2 Menganalisis
keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
1.3 Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan 1.4 Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran 1.5 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik 1.6 Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari 1.7 Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan |
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah | 2.1 Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar2.2 Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari |
3. Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor | 3.1 Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar
|
1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah | 1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya 1.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi |
2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi | 2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar2.2 Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi 2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya |
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern | 3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya3.2 Mendeskripsikan perkembangan teori atom 3.3 Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi |
4. Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari | 4.1 Mengidentifikasi karakteristik inti atom dan radioaktivitas 4.2 Mendeskripsikan pemanfaatan radoaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari |
0 komentar:
Posting Komentar