standar kompetensi fisika sma

Standar Kompetensi Fisika SMA


Hallo para Peselancar Fisika! :P
Terima kasih ya… Anda masih berkunjung  Saya berharap, Anda memperoleh manfaat dari apa yang telah disediakan di www.fisika-sma.us. Pada beberapa postingan sebelumnya seperti Fisika, Fisika dan Sains, Fisika dan Matematika ataupun Tips Belajar Fisika. Anda diajak untuk mengenal Fisika sebagai bagian dari IPA yang jika Anda mau tekun dan sungguh-sunguh dalam belajar.. insya Allah dech mindset Anda tentang Fisika tidak sesusah yang Anda bayangkan… semoga ya ?… yang pasti sich, belajar fisika itu tidak sesusah merakit sebuah pesawat terbang !!… upss? :oops:
Kurikulum Fisika SMAPada sesi kali ini, Anda akan diberi gambaran mengenai materi pembelajaran Fisika SMA berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Itu tuch… suatu target pencapaian minimal pembelajaran fisika yang mesti Anda capai ketika Anda mulai belajar Fisika SMA. Pencapaian minimal ini, dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) lebih dikenal dengan istilah Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD).

Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 bahwa pada tingkat SMA/MA, Pelajaran FISIKA dipandang penting untuk diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri dengan beberapa pertimbangan.
Pertama, selain memberikan bekal ilmu kepada peserta didik, mata pelajaran Fisika dimaksudkan sebagai wahana untuk menumbuhkan kemampuan berpikir yang berguna untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, mata pelajaran Fisika perlu diajarkan untuk tujuan yang lebih khusus yaitu membekali peserta didik pengetahuan, pemahaman dan sejumlah kemampuan yang dipersyaratkan untuk  memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi  serta mengembangkan ilmu dan teknologi. Pembelajaran Fisika dilaksanakan secara inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup.

Berikut ini adalah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Fisika SMA

Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.  Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya 1.1  Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)1.2  Melakukan penjumlahan vektor
2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik 2.1  Menganalisis besaran fisika pada gerak  dengan kecepatan dan percepatan konstan2.2  Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan 2.3  Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan
Kelas X,  Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.  Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik 3.1  Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif3.2  Menerapkan alat-alat optik dalam  kehidupan sehari-hari
4.  Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi 4.1  Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat4.2  Menganalisis cara perpindahan kalor4.3  Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah
5.  Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi 5.1  Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)5.2  Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari
5.3  Menggunakan alat ukur listrik
6.  Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik 6.1  Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik6.2  Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari
Kelas  XI,  Semester  1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.  Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik 1.1  Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor 1.2  Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton 1.3  Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
1.4  Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran
1.5  Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
1.6  Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari
1.7  Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan
Kelas XI,   Semester   2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2.  Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah 2.1  Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar2.2  Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.  Menerapkan  konsep termodinamika dalam mesin kalor 3.1  Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal  monoatomik3.2  Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum  termodinamika
Kelas XII,  Semester  1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.  Menerapkan  konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah 1.1  Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum1.2  Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya 1.3  Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
2.  Menerapkan  konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi 2.1  Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar2.2  Menerapkan induksi magnetik dan gaya magnetik pada beberapa produk teknologi 2.3  Memformulasikan konsep induksi Faraday dan arus bolak-balik serta penerapannya
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.  Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern 3.1  Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya3.2  Mendeskripsikan perkembangan teori atom 3.3  Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan  massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi
4.  Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari 4.1  Mengidentifikasi  karakteristik inti atom dan radioaktivitas 4.2  Mendeskripsikan pemanfaatan radoaktif dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari
SK-KD inilah yang menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dan dalam merancang kegiatan pembelajaran serta penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

0 komentar:

Posting Komentar